Variasi penambahan serbuk cangkang telur sebagai alternatif bahan stabilisasi terhadap nilai California Bearing Ratio (CBR)

https://doi.org/10.35583/js.v10i2.152

Authors

Keywords:

Variasi, , serbuk cangkang telur, CBR, Tanah lempung

Abstract

Tanah merupakan elemen penting dalam pelaksanaan kontruksi bangunan karena tanah harus mempunyai daya dukung yang baik dalam menahan beban kontruksi diatasnya. Namun dilapangan masih ditemukan tanah yang mempunyai kuat dukung tanah yang rendah sehingga perlu dilakukan perbaikan tanah salah satunya menggunakan stabilisasi tanah. Pemanfaat serbuk cangkang telur sebagai alternatif bahan stabilisasi dapat dilakukan karena serbuk cangkang telur mengandung kalsium Oksida (CaO). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi penambahan serbuk cangkang telur 5%, 10%, dan 15 % pada tanah lempung terhadap nilai CBR. Metode penelitian ini dilakukan dengan pengujian laboratorium mengacu pada pengujian California Bearing Ratio (CBR) menggunakan SNI 03-1744-2008. Berdasarkan hasil pengujian  Tanah asli dalam penelitian ini termasuk dalam klasifikasi tanah CL, yakni Lempung Tak organik dengan plastisitas rendah sampai sedang. Nilai kadar air optimum cendrung mengalami penurunan seiring dengan penambahan Serbuk Cangkang Telur (SCT) pada tanah asli yaitu pada variasi Serbuk Cangkang Telur (SCT) 15% Yaitu 20 % dan nilai berat jenis mengalami peningkatan yaitu 1,6 gg/cc  .Peningkatan nilai CBR terjadi pada penambahan Serbuk Cangkang Telur (SCT) 15% yaitu sebesar 8,07%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-12-30

How to Cite

Soehardi, F., & Dinata, M. (2022). Variasi penambahan serbuk cangkang telur sebagai alternatif bahan stabilisasi terhadap nilai California Bearing Ratio (CBR). SAINSTEK, 10(2), 171–176. https://doi.org/10.35583/js.v10i2.152

Issue

Section

Articles