Pengembangan Alternatif Kelayakan Finansial Dalam Investasi Jalan Tol Melalui Pendekatan Stokastik (Studi Kasus Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang)

https://doi.org/10.35583/js.v12i1.231

Authors

Keywords:

stokastik, net present value, software @ risk, debt equity ratio, sensitivitas

Abstract

Net Present Value (NPV) merupakan salah satu parameter untuk mengetahui kelayakan finansial dalam investasi jalan tol. Makalah ini menganalisis pengembangan alternatif kelayakan finansial dalam  investasi proyek infrastruktur jalan tol seksi Pekanbaru-Bangkinang melalui pendekatan metode stokastik dengan menggunakan aplikasi software @ Risk. Hasil analisis dengan adanya dukungan kelayakan dari pemerintah untuk jalan tol seksi Pekanbaru-Bangkinang berupa Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar 15% dari biaya investasi dapat merubah komposisi struktur modal DER (Debt Equity Ratio) menjadi 25:75 (debt 25% dan equity 75%). Hasil Net Present Value (NPV) yang diperoleh yaitu;  nilai minimum Rp.(39.863.290.000) ; nilai rata-rata  Rp. 5.654.080.000 ; nilai maksimum Rp. 177.162.090.000, hasil ini merupakan simulasi alternative cashflow paling optimal. Dengan hasil NPV rata-rata (Mean NPV) ? 0 (positif) hal ini menegaskan bahwa investasi proyek infrastruktur jalan tol seksi  Pekanbaru – Bangkinang layak secara finansial dengan variabel finansial yang paling sensitive adalah SBI (Suku Bank Indonesia) ,tarif awal operasi, volume lalu lintas kelas 1, inflasi Riau, volume lalu lintas kelas 2.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-06-29

How to Cite

Mualifudin, A., Sandhyavitri, A., & Fauzi, M. (2024). Pengembangan Alternatif Kelayakan Finansial Dalam Investasi Jalan Tol Melalui Pendekatan Stokastik (Studi Kasus Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang). SAINSTEK, 12(1), 122–129. https://doi.org/10.35583/js.v12i1.231

Issue

Section

Articles