Analisa Kelayakan Finansial Driver Ojek Online (Studi Kasus Grabbike Pekanbaru)

https://doi.org/10.35583/js.v11i1.198

Authors

  • Hendra Taufik Universitas Riau
  • Rama Setiawan UNIVERSITAS RIAU
  • Elianora Elianora

Keywords:

Transportasi Online, Analisa Finansial, Ojek Online, Grabbike

Abstract

Transportasi online merupakan salah satu contoh pengembangan teknologi berbasis aplikasi disambut cukup baik di awal kemunculannya karena dianggap sebagai salah satu inovasi terbaik saat ini. Salah satu layanan transportasi online saat ini adalah grab, grab merupakan penyedia jasa layanan transportasi yang hadir di Indonesia pada tahun 2012 menyediakan GrabCar dan GrabBike. Penelitian ini analisis kelayakan finansial dari driver ojek online GrabBike di Pekanbaru terutama di Kecamatan Binawidya, Marpoyan Damai, Bukit Raya, Lima Puluh, Senapelan dan Payung Sekaki yang telah dilakukan bertujuan untuk dapat dijadikan pertimbangan oleh masyarakat yang ingin bergabung menjadi mitra driver GrabBike. Metode analisis kelayakan ini menggunakan 2 skenario yaitu skenario PU (Pek. Utama) menggunakan 10 sampel dari total 81 responden dan skenario PS (Pek. Sampingan) yang menggunakan 10 sampel dari total 19 responden. Hasil rata – rata yang diperoleh dari kesepuluh uji kelayakan finansial tersebut untuk skenario PU adalah nilai BEP Rp. 121.328,33; PBP yang diperoleh  1 tahun 2 bulan, IRR 58%, NPV Rp 136.526.669,63; BCR 1,482 nilai lebih besar dari 1. Untuk skenario PS adalah nilai BEP Rp. 77.285,00, PBP yang diperoleh 2 tahun 6 bulan, IRR 45%, NPV Rp. 20.807.366,07; BCR 0,906 nilai lebih kecil dari 1. Berdasarkan analisis finansial dari lima metode tersebut, untuk skenario PU menjadi driver GrabBike dinyatakan layak untuk dijalankan dan skenario PS menjadi driver GrabBike dinyatakan tidak layak untuk dijalankan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-06-30

How to Cite

Taufik, H., Setiawan, R., & Elianora, E. (2023). Analisa Kelayakan Finansial Driver Ojek Online (Studi Kasus Grabbike Pekanbaru). SAINSTEK, 11(1), 79–88. https://doi.org/10.35583/js.v11i1.198

Issue

Section

Articles